Analisis SWOT Sistem Informasi berbasis website

Analisis SWOT merupakan suatu proses penelitian yang dilakukan guna untuk mengetahui kelemehan atau keunggulan suatu produk dalam suatu perusahaan. Hal ini sangat diperlukan apabila produk tersebut akan dipasarkan ke publik. Tak jarang kita temui di pasar-pasar barang yan tidak standar atau tidak layak pakai, hal itu diakarenakan mungkin tidak dilakukannya suatu analisa pada produk tersebut sebelum dipasarkan.
Hal ini memang wajib diketahui dan dilakukan oleh para Developer/pengembang sebelum memasarkan produk mereka. Seperti saat ini saya sedang mendapat kasus dimana saya memilih media website sebagai alat pemecah kasus yang sedang didalami. Adapun langkah-langkah dalam membuat suatu projek agar mampu dan mudah ketika membuat analisis SWOT, berikut langkah-langkahnya :
- Buatlah projek yang benar-benar anda kuasai
- Perbanyak membaca
- Lihatlah kasus disekeliling anda, karna biasanya itu akan lebih memudahkan kita dalam menyusun program
- Berdoa
Saya telah membuat suatu projek Sistem Informasi Berbasis website. Kasus diambil dari dilikungan saya sendiri yaitu Organisasi Karang Taruna. Pembuatan Sistem Informasi Berbasis Website ini saya buat bertujuan untuk memudahkan anggota Karang Taruna dalam mengelola data-data warga kampung victor dan juga memudahkan warga dalam menerima informasi berbasis online. Projek ini dibuat guna memenuhi salah satu mata kuliah yaitu Metode Penelititian. Berikut adalah contoh analisis SWOT dengan studi kasus "Membangun Sistem Informasi Berbasis Website untuk Karang Taruna".
S: Strengths (Kekuatan)
Berisi
point-point kelebihan dari produk yang akan dikembangkan (aspek kebaruannya), misal memiliki
banyak fitur yang tidak ada pada produk/aplikasi sejenis.
1. Memudahkan warga dalam
mendapatkan update info tentang lingkungan sekitar
2. Berita
yang disajikan akurat
3. Orang
yang ahli dalam pembuatan berita sehingga mudah dipahami
4.
Applikasi kami mendapatkan ijin
dari ketua lingkungan setempat
5. Respon
cepat dari adminnnya
W: Weaknesses (Kelemahan)
Kelemahan
atau kekurangan dari produk yang akan dikembangkan, misal aplikasi hanya bisa
dioperasinya dengan koneksi internet saja.
1. Modal yang
cukup besar untuk membangun sebuah website
2. Butuh waktu
yang cukup untuk melakukan survey dan pengambilan data
3. Rekan kerja
yang sulit dicari
*)note: setiap menemukan satu kelemahan, temukan solusi/fitur penggantinya,
dan tambahkan/cantumkan pada point Strengths!
O: Opportunities (Kesempatan)
Berisi
alasan logis terkait peluang dikembangkan produk tersebut, misal (pengembangan
website) apakah web yang akan
dibuat/dikembangkan memiliki banyak pengunjung, apa alasannya?
1. Bahasa yang
digunakan mudah di pahami
2. Mengutamakan
konten
3. Navigasi yang
dapat memudahkan pengunjung
4. Admin yang
interaktif
T: Threats (Ancaman)
Ancaman/saingan akan produk yang akan dikembangkan,
misal kita ingin mengembangkan aplikasi e-commerce,
tentu memiliki pesaing seperti lazada, olx, tokopedia, dll. Dan bagaimana cara
mengalahkan (dalam hal fitur) pesaing-pesaing tersebut?
1.
Memberikan pelayanan yang sebaik mungkin
2. Respon
cepat apabila ada info atau berita yang kurang tepat
3. Membuat
pengunjung merasa nyaman
*)note: setiap menemukan satu ancaman, tambahkan/cantumkan solusi untuk
mengalahkannya pada point Strengths!
No comments:
Post a Comment